http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 23 Januari 2013

Rumus Volume tabung

Volume = Luas Alas x Tinggi

Untuk dapat mencari volume tabung, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari luas lingkaran tabung terlebih dahulu.

Luas Alas = Luas Lingkaran

Luas Alas = phi x r2

Dimana:

phi = 22/7 atau 3,14

r = jari - jari

Maka Rumus Volume Tabung:

Volume = phi x r2 x tinggi

Mungkin diantara kalian ada yang masih bingung mengenai bentuk tabung. Bentuk tabung dapat kita temukan dari benda-benda disekitar kita. Misalnya, gelas. Bentuk gelas yang panjang dan melingkar dikedua ujungnya sama persis dengan ciri-ciri tabung. Selain gelas, drum juga memiliki bentuk tabung.

Sebenarnya apa seh tabung itu? tabung adalah bangun ruang yang mempunyai tiga sisi. Sisi tersebut meliputi sisi alas dan tutup yang sama besar berbentuk lingkaran dan sebuah sisi lengkung. Sisi lengkung ini jika kita rentangkan akan
membentuk bangun persegi panjang.

Setelah memahami pengertian tabung beserta ciri-cirinya, volume tabung adalah hal berikutnya yang akan kita bahas.

Berikut adalah ulasanya:

Rumus volume tabung.

V tabung = π x r2 x t atau v = Luas alas (lingkaran) x t

Keterangan.

r = jari-jari lingkaran alas atau tutup π = / 3,14

t = tinggi tabung

Contoh soal.

Seorang penjual minyak memiliki sebuah drum berbentuk tabung yang ia gunakan untuk menyimpan minyak dagangannya. Jari-jari alas yang dimiliki drum itu adalah 70cm dan memiliki tinggi 100m. Berapa liter minyak yang dapat ditampung dalam drum tersebut?

Jawab : V = π x r2 x t

V = x 702 x 100

V = 1.540.000 cm3 = 1. 540 dm3 = 1.540 liter

Jadi dapat disimpulkan bahwa jumlah minyak yang mampu ditampung dalam drum tersebut sebanyak 1.540 liter.

Contoh soal.

1. Pak Ahmad memiliki sebuah drum penyimpanan air yang berbentuk tabung. Panjang jari-jari alas dari drum ini adalah 50 cm dan tinggi 150 cm. jika π =3,14 maka hitunglah berapa liter air yang dapat ditampung oleh pak Ahmad pada drum penyimpanan air yang dimilikinya tersebut?

Demikianlah penjelasan volume tabung yang dapat saya sampaikan, semoga memberikan manfaat bagi anda dalam memahami pengukuran volume tabung ini.





Rating: 4.5