http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 26 Januari 2013

Perbedaan mitosis dan meiosis

Pengurangan jumlah kromosom pada meiosis menjadi faktor pembeda antara mitosis dan meiosis. Mitosis adalah reproduksi sel yang dapat membelah secara teratur dari beberapa tahapan yang dimulai dari “profase metaphase” hingga “anaphase telofase”. bahan yang digunakan oleh inti sel adalah bahan inti sehingga dalam prosesnya diperlukan interfase (masa istirahat). Meiosis adalah pembelahan reproduksi sel yang tahapannya sama dengan mitosis, namun dalam prosesnya terdapat reduksi/pengurangan pada jumlah kromosomnya.
Ada empat perbedaan mendasar antara mitosis dan meiosis.

a. Tujuan

Mitosis mempunyai tujuan pertumbuhan sedangkan meiosis mempunyai tujuan mempertahankan diploid.

b. Jumlah pembelahan sel

Mitosis menghasilkan dua sel anak dari proses pembelahanya, sedangkan meiosis menghasilkan empat sel anak.

c. Sifat sel anak

Mitosis mempunyai sifat sel anak berupa diploid (2n), sedangkan meiosis berupa haploid (n).

d. Tempat terjadinya

Mitosis tempat terjadinya berada di sel somatic sedangkan meiosis di sel gonad.

Serangkaian proses dilibatkan dalam tahapan pembelahan sel yang terjadi didalam inti sel secara ekslusif dalam mitosis. Dalam tahapan ini, sitokinesis menjadi salah satu fase terpenting yang merupakan siklus sel dalam organism eukariotik. dua sel anak terkandung dalam sel induk yang berisi rincian genetic. reproduksi aseksual akan terjadi dalam sel ini yang akan digunakan untuk mengganti sel dalam pertumbuhan ulang.
Hal ini akan terjadi pada organism multiseluler apabila “sel eukariotik kromosom berpisah dalam nucleus, membran sel, sitoplasma dan organel, yang kemudian mengambil karakteristik pada sel induk yang sama (identic)”.

Meiosis adalah pembelahan sel yang dapat menghasilkan sel anak dengan kromosom mencapai setengah dari sel induknya. Pembelahan ini terjadi didalam gametosit (dua sel kelamin). Pembelahan kromosom tidak di selingi dengan interfase dan terjadi sebanyak dua kali secara berurutan. Meiosis pertama kali terjadi melalui siklus profase yang kemudian berlanjut melalui metaphase pertama, anaphase, dan telofase. Tahapan yang terjadi dalam profase pertama adalah leptonemadan kromatin. Pada tahapan ini kromosom akan terbentuk. Tahapan ini juga terjadi pada siklus meiosis kedua.

Selain tumbuhan, Perbedaan mitosis dan meiosis juga terjadi pada binatang. Perbedaan ini biasa disebut peristiwa meiosis dimana proses yang terjadi didalam gamet.

a. mitosis mempunyai tujuan untuk memperbanyak sel yang digunakan untuk proses pertumbuhan, sedangkan Meiosis mempunyai tujuan untuk membentuk sel gamet.

b. jaringan meristematis merupakan tempat terjadinya mitosis. Jaringan ini terdapat pada batang dan ujung akar tumbuhan. sedangkan tempat terjadinya meiosis adalah di dalam organ kelamin (jantan betina).

c. proses berlangsungnya tahapan mitosis : “profase-metafase-anafase dan telofase diselingi oleh interfase”, sedangkan tahapan meiosis: “profase I – metafase I – anafase I – telofase I – profase II – metafase II – anafase II – telofase II tanpa interfase”.

d. Pada mitosis pertama terjadi satu kali pembelahan oleh sel induk , sedangkan pada meiosis pertama terjadi dua kali pembelahan.

e. pada mitosis pertama sebanyak dua sel anak dihasilkan oleh sel induk yang jumlah kromosom sama banyaknya dengan sel induk. Sedangkan pada meiosis pertama, sel induk menghasilkan empat sel anak yang kromosomnya hanya berjumlah separuh dari induknya.

f. sel anak pada mitosis mempunyai sifat diploid atau 2n, sedangkan sel anak pada meiosis mempunyai sifat haploid atau n.


Rating: 4.5