Informasi-Pendidikan.com

Minggu, 27 Januari 2013

nama latin bunga mawar

Berbagai jenis bunga mawar sudah pasti sering kita jumpai, tapi apa sebenarnya nama latin bunga mawar itu? bunga mawar dibedakan berdasarkan asal dari spesiesnya.

1. Spesies asal Eropa:

Spesiesnya biasa disebut Rosa wichuraiana. Bunga ini dapat tumbuh mencapai enam meter. Nama bunga ini diambil dari nama Max Ernst Wichura (1817-1866) yang merupakan ahli botani dari Jerman yang mempunyai akhiran-IANA.

2. Spesies asal Skotlandia

Spesiesnya biasa disebut Rosa spinosissima. Bunga ini merupakan mawar putih kecil.

3. Spesies asal Perancis

Spesiesnya biasa disebut Rosa centifolia. Tanaman ini digunakan pemerintah Perancis untuk proses penyulingan. Minyak mawar yang dihasilkan akan dijadikan parfum.

4. Spesies asal Eropa bagian tengah dan selatan

Terdapat tiga spesies:

a. Rosa gallica

b. Rosa canina. Jenis ini menghasilkan buah rose hips yang kaya vitamin C. Buah ini dikenal sebagai sumber vitamin C terkaya.

c. Rosa Alba. Bunga ini merupakan Mawar Taman tertua yang dibawa bangsa romawi kuno ke inggris.

5. Spesies asal Amerika Serikat

Terdapat tiga spesies:

a. Rosa cinnamomea. Jenis ini dijuluki cinnamomea (cinnamon) yang berarti kayu manis yang dikarenakan mempunyai aroma khas yang sama dengan kayu manis.

b. Rosa nitida. Jenis ini juga dikenal dengan mawar bersinar. Sinar ini berasal dari kilauan daunya. Asal kata Nitida adalah nitidus yang artinya bersinar.

c. Rosa californica. Jenis ini termasuk kelompok mawar liar dari California. Mawar ini berasal dari negara bagian di Amerika serikat (California, Oregon, Meksiko(bagian utara dari baja California)).

6. Spesies asal Timur Tengah

Ada lima spesies:

- Rosa foetida. Jenis ini adalah tambahan budidaya mawar yang sifatnya penting mengingat tidak ditemukanya jenis mawar kuning asli Eropa. Jenis ini diperkenalkan perta kali oleh Persia (Iran).

- Rosa foetida juga dikenal dengan nama Persian yellow rose, Austrian briar, dan juga Austrian coper rose.
- Rosa foetida bicolor. Jenis ini berwarna merah tembaga ketika mekar. Benang sari berwarna kuning dan mempunyai aroma kuat licorice.
- Rosa foetida perciana. Jenis ini adalah mawar kuning persia yang berbentuk ganda rosa foetida (bunga kuning yang kuat)
- Rosa Felicia. Jenis ini adalah mawar pucat berwarna merah muda. Bunga ini mempunyai banyak kepala di satu cabang yang membentuk lengkungan panjang beraroma sangat enak.
- Rosa damascene. Daerah asal jenis ini adalah Damaskus (Suria). Bunga ini biasa digunakan untuk penyulingan. Hasil minyak mawar yang diperoleh akan diolah menjadi parfum. Jerman, Bulgaria, dan Iran adalah negara-negara yang menggunakanya.
7. Spesies asal Tiongkok
Ada lima spesies:

a. Rosa chinensis. Jenis ini sudah lama di gunakan sebagai obat tradisional di Negara Cina. Bunga ini gunakan untuk mengobati perut yang bermasalah. Selain itu, obat pengendalian sel kangker juga sedang diselidiki oleh para ahli melalui kandungan bunga ini.

b. Rosa laevigata. Jenis ini berwarna putih, berbau harum dan berasal dari Taiwan, Cina Selatan, Vietnam, Laos, dan juga invasif di Amerika Serikat.

c. Rosa gigantean. Jenis ini adalah spesies mawar asli dari Myanmar utara, timur laut India, dan barat daya Cina.

d. Rosa Primula. Jenis ini adalah jenis terbaik mawar liar. Bunga liar ini tumbuh tegak, besar, dan penuh semak berduri yang dilengkapi oleh daun muda yang sangat kaya aroma.

e. Rosa mulliganii. Jenis ini adalah mawar yang mempunyai bunga individu tunggal dan kecil

8. Spesies asal Cina

Ada tiga spesies:

a. Rosa sericea pteracantha. Jenis ini adalah mawar asli dari Cina barat daya (Guizhou, Xizang, Sichuan, Yunnan), India utara (Sikkim), Nepal, Bhutan dan Myanmar. Tanaman ini tumbuh di pegunungan dengan ketinggian 2,000-4,400 m.

b. Rosa hugonis. Jenis ini adalah mawar tua yang berupa semak favorit. Mawar ini menjulur ke atas berwarna putih ketika mekar dan benang sarinya berwarna kuning.

c. Rosa banksiae lutea. Jenis ini adalah tanaman berbunga yang tergolong keluarga mawar. Tanaman ini berasal dari Cina barat dan tengah yang berada di provinsi Gansu, Henan, Guizhou, Hubei, Jiangsu, Yunnan, dan Sichuan.
Spesies asal Jepang

Ada Sembilan spesies:
- Rosa roxburghii. Jenis ini adalah obat herbal anti kanker.
- Rosa roxburghii ‘hirthua.
- Rosa acicularis nipponensis.
- Rosa multiflora. Jenis ini biasa dikenal dengan sebutan mawar bayi, mawar multiflora, dan mawar Jepang. Ini merupakan spesies mawar dari Asia Timur, Korea, Cina, dan Jepang.
- Rosa wichuraiana.
- Rosa rugosa . Buah rose hips yang kaya vitamin C di hasilkan oleh mawar ini. Buah ini diyakini sebagai sumber vitamin C terkaya sama sepert rosa canina.
- Rosa uchiyamana.
- Rosa jasminoides.
- Rosa fujisanesis.

Demikianlah nama latin bunga mawar yang dapat saya bagikan kepada teman-teman. Ada beberapa jenis yang tidak bisa saya jelaskan dikarenakan belum ada referensinya. Selamat belajar..!!!
Rating: 4.5