http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 20 Januari 2013

Misteri Menara Eiffel yang Terungkap

Ketika mendengar kata misteri, sudah tentu akan membuat bulu kuduk kita berdiri. Tapi apa jadinya jika misteri itu mengenai menara Eiffel? Yupz.. sudah pasti banyak yang penasaran bukan???? Jadi kali ini saya akan memposting fakta-fakta tersembunyi tentang menara Eiffel.

Berikut adalah fakta-fakta tersembunyi tentang menara Eiffel:

1. Lift

Lift adalah salah satu alat transportasi wajib bagi menara ini. Mengingat Bangunanya yang menjulang tinggi, lift dapat membantu pengunjung untuk lebih cepat sampai. jumlah kegunaan lift dalam setahun sangat menakjubkan yaitu, sama dengan 2,5 kali mengelilingi dunia atau mencapai 103,000 km.

2. Anak Tangga

Selain lift, anak tangga juga disediakan bagi para pengunjung. Sebanyak 1,710 anak tangga di bangun hingga ke puncaknya. Pendaki pertama yang mencapai puncak adalah "Gustave Eiffel" yang merupakan arsitek dari bangunan ini.

3. Perawatan Khusus

Pengecatan ulang dilakukan sebagai bentuk perawatan terhadap menara Eiffel. Pengecatan ini dilakukan setiap 7 tahun sekali dan menghabiskan sekitar 60 ton kaleng cat. Untuk memberikan kesan menawan, maka menara ini menggunakan tiga pilihan warna.

4. Terlihat kokoh namun rapuh

“tidak ada gading yang tak retak” mungkin inilah pepatah yang mampu menggambarkan keadaan menara Eiffel. Terlihat gagah tetapi rapuh. Kondisi menara yang terlalu tinggi mampu membuat Panas matahari menggeser posisi ujung menara hingga 18cm. selain itu, dalam keadaan berangin ujung menara ini mampu bergerak hingga 13cm dari keadaan semula.

5. Hitler Ingin mencapai puncak Menara Eiffel

Kependudukan Nazi di perancis pada masa perang dunia kedua membuat para tentara Perancis memotong kabel lift menara Eiffel. Hal ini dilakukan karena mereka tidak ingin pihak lawan dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas menara Eiffel. Bahkan, seorang Hitler (pimpinan Nazi) harus memanjat menara ini sendiri hanya untuk dapat mencapai puncaknya.

6. Terjun & Mati dari Menara Eiffel

Franz Reichelt (1912) seorang penemu parasut harus meregang nyawa karena melompat dari lantai 3 menara ini untuk melakukan uji coba penemuan terbarunya (jaket parasut). Sayangnya, pada saat terjun penemuannya tidak berfungsi.

Demikianlah misteri menara eiffel yang sekarang telah terungkap. Mudah - mudahan damembantu teman semua. terima kasih telah berku
Rating: 4.5